BLT DD Tahap II Diserahkan Pemdes Penyengat Olak

0
221

Jambinow.com,Muaro Jambi- Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menerbitkan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020.
Dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

Sesuai dengan permendes di atas Rutomi S.pd.I.Kepala Desa Penyengat olak kecamatan Jaluko mengatakan jika pendataan awal untuk warganya yang menerima BLT DD terdampak Covid-19 dilakukan Tim Relawan covid-19.dan Hasilnya sudah dibawa ke dalam forum Musyawarah Desa (Musdes).

” Dalam musdes itu melibatkan kepala desa beserta staf, babinsa, babin kamtibmas, BPD, pendamping lokal desa, dan pendamping PKH.” Kata Rutomi.

Berlokasi di SD 33 desa Penyengat Olak penyaluran BLT DD tahap II dilaksanakan Jum’at (19/6/20).pukul 14.00 wib. penyaluran BLT DD kepada warga juga di hadiri ketua BPD desa penyengat olak, Babinsa dan babinkamtibmas.

Lebih lanjut Rutomi menjelaskan jika Penyaluran BLT DD Tahap II desa Penyengat Olak ini ada penambahan data warganya yang menerima BLT yakni sebanyak 65 KK yang mana pada penyaluran pertama hanya 68 KK jadi total yang menerima BLT tahap II ini sebanyak 133 KK

“Untuk 65 KK yang baru masuk di data tambahan penerima BLT, mereka menerima Uang tunai 1.2 jt. karena pada penyaluran BLT Tahap pertama kemarin mereka belum mengambil uangnya, Dan Alhamdulillah penyaluran BLT tahap II ini berjalan lancar.dan penyaluran BLT DD tahap III insya Allah akan kita salurkan secepatnya.” Papar Rutomi.

Kepada warganya yang menerima Dana BLT DD Rutomi berharap agar bantuan Uang ini bisa bermanfaat bagi warga dan bisa dipergunakan sesuai dgn kebutuhan keluarga.

” Kami dari pemerintah desa penyengat Olak juga berharap bantuan ini bisa membantu kebutuhan hidup sehari-hari dan di dimanfaatkan sebaik-baik mungkin.” Tutup Rutomi.

Sementara itu salah satu warga Rt O3 Leni yang maauk data penerima BLT DD (Data susulan) kepada Jambinow mengatakan sangat senang dan akan mempergunakan bantuan yang sudah di terima dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah saya masuk dalam data tambahan,data susulan dari 65 KK penerima BLT DD, dan kepada pemerintah Desa saya Ucapkan Banyak terima kasih Terutama kepada Datuk Kades karena uang ini sangat bermanfaat bagi keluarga saya.” Ucap Leni. Wahid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here