Kades Lubuk Kumbung Berhasil Bangun Infrastruktur

0
541

Jambinow.Com (Lubuk kumbung) – Besarnya anggaran dana desa (DD) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Desa Lubuk Kumbung Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara.

Setelah anggaran dana desa tahap pertama dicairkanq langsung selain digunakan untuk bantuan covid 19, juga membangun infrastruktur jalan guna meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Desa Lubuk Kumbung yang merupakan desa berkembang yang bisa dibilang sukses dan patut dijadikan contoh bagi desa lain Untuk pembangunan infrastruktur yang bersumber dari ADD maupun DD.

“Anggaran dana desa tahap pertama pada tahun 2020 ini,Selain untuk Tanggap darurat covid 19, Juga di prioritaskan untuk pembangunan infrastruktur yang ada di desa,” ungkap Warga

Kepada Media ini Senin(22/06/2020) Tokoh Masyarakat Desa Lubuk kumbung Dian Burlian SH,MA mengatakan Kades (Halian) merupakan kepala desa pertama di desa Lubuk Kumbung yang tergolong sukses dalam membangun Infrastruktur sesuai dengan paradigma masyarakat Lubuk kumbung yang jumlah penduduk lebih kurang 1200 jiwa dengan jumlah KK Lebih kurang 300 kepala keluarga tersebut.Yang mana mayoritas masyarakatnya merupakan petani dan Pekebun,serta pedagang sehingga infrastruktur jalan sangat dibutuhkan oleh masyarakatnya.

“Menurut saya, Pak kades(M.Halian) tergolong sukses membangun infrastruktur jalan dan mengubah gaya hidup dari kebiasaan buang BAB di sungai berali ke WC, yang merupakan kebiasaan buruk masyarakat Desa lubuk kumbung dari setengah abad yang lalu ke tatanan kehidupan yang bersih dan sehat. Ini di buktikan dengan mengusulkan membangun MCK, dan terealisasi Sebanyak 4 MCK, kemudian di anggarkan lagi melalui Dana Desa Tahun 2019 dan 202O sehingga total WC yang dibangun sebanyak 164 buah WC. pembangunan tersebut berdampak positif bagi masyarakat yang mempunyai kebiasaan buruk BAB di sungai, selain itu insprastur jalan yang juga di bangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat disini, karena mayoritas masyarakat kami petani, perkebunan, dan pedagang sangat membutuhkan infrastruktur jalan menuju kebun sehingga beliau lakukan pembenahan infrastruktur  agar perekonomian di desa kami tetap berjalan lancar,” tambahnya.

Dikatakan Dian lagi, penggunaan dana desa yang dilakukan Pak Kades(M Halian)sudah tepat sasaran dan sudah disesuaikan dengan peraturan, dimana penggunaan dana desa itu, diprioritaskan untuk mendanai program atau kegiatan bidang pelaksanaan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih mengutamakan kepentingan desa yang lebih mendesak dan berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat di desanya.

Menanggapi kesuksesan pembangunan tersebut, salah seorang tokoh Masyarakat desa setempat, Zainul Abidin (Mantan KADES) memberikan apresiasi terhadap Kepala Desa-nya dan mendukung disegala kegiatan.(Usman).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here