Diduga Merusak Lingkungan Penambangan Ilegal Samosir Dilaporkan LSM KCBI Ke JPLPHK

0
161

Jambinow. Com — Ketua LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (KCBI) Kabupaten Samosir Panal H.Limbong SH,CPL mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan kerusakan Lingkungan yang disebabkan Eksploitasi dan penambangan Ilegal serta pembuangan sampah di kawasan hutan lindung kepada Direktorat Jendral penegakan lingkungan hidup dan kehutan(JPLPHK).(06/07/2020)lalu.

Melalui Via Wa kepada wartawan Jambinow. Com Panal mengatakan “Kami telah melaporkan permasalahan kerusakan lingkungan tersebut ke Direktorat Jenderal Penegakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan nomor surat : 001/lap-Info/PC.KS/VII/2020, tanggal 06 Juli 2020. Kami ingin kegiatan tersebut dihentikan, dan mengembalikan kondisi lahan seperti semula. kami berharap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan segera menindaklanjuti laporan tersebut serta turun langsung dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang lebih parah lagi,”tutur Panal.

Meurutnya, kasus tersebut dilaporkan ke JPLHK, karena tidak ada keseriusan dari Pemkab.Samosir dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Kalau pemerintah daerah memungut retribusi sampah tapi membuang sampah di Kawasan hutan lindung,serta memberikan izin pertambangan batuan untuk memenuhi kebutuhan material proyek di kawasan Kabupaten Samosir, apakah mereka masih peduli lingkungan hidup”, sebut Panal Limbong.

Selain itu, Pihaknya juga meminta Mabes Polri dan Kejagung, ikut serta dalam penanganan kasus lingkungan di Pulau Samosir yang kita cintai.” Kami minta Penegak hukum Polri dan KeJagung ikut serta mengusut tuntas kasus dugaan penyalahgunaan jabatan dan wewenang terkait perizinan pertambangan batuan dan perizinan pembuangan sampah pada hutan lindung,”tegasnya.

Seperti yang kita ketahui,Dampak akibat aktivitas pembuangan sampah adalah rusaknya lingkungan hutan,pencemaran sungai yang menjadi masalah besar bagi Masyarakat Samosir karena sungai tersebut merupakan sumber air minum dan kebutuhan lainnya.(Usman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here