Empat Lembaga Sebut BLHD Tidak BerPihak Ke Petani

0
306

Petani Sedih melihat air menjadi kering(f. Hid)

Jambinow.com, Kunangan – Mengetahui pernyataan dari kadis BLHD Muaro Jambi Masyarakat (petani desa kunangan) menjadi resah dan menilai Firmansyah tidak berpihak kepada petani Kunangan, melainkan berpihak kepada pengusaha Stockfile batu bara,(25/7/20).

Setelah Kadis BLHD Muarojambi Firmansyah turun langsung kelapangan dan di lapangan Ia tidak menemukan objek irigasi yang menjadi permasalah bagi petani (Dam air yang tertutup oleh pembangunan stockfile batu bara) yang diduga mengakibatkan sawah petani menjadi kering dan terancam punah.
Uun Suheli ketua Gapoktan BINA TANI beserta Lembaga SAKTI akan menemui bupati terkait permasalahan ini.

“Kami dari Gapoktan BINA TANI,bersama WARSI, WALHI, dan SETARA.kami bersepakat menyatakan jika BLHD Kabupaten Muaro Jambi berpihak ke Perusahaan, bukan berpihak ke Petani.” Kata Uun Suheli.

Lebih lanjut Uun mengatakan jika sebelum BLHD turun ke lokasi terlebih dahulu Kadis Petanian kabupaten Muaro Jambi Hafis juga sudah turun ke lokasi ,guna mengecek dimana irigasi tertutup akibat pembangunan Stockfile batubara milik perusahaan tersebut.

“Pak Hafis saja sudah melihat kebenaran di lapangan, jika padi yang di tanam habis (gagal panen) akibat pembangunan Stockfile itu,”papar Uun Suheli.

Uun menambahkan, sementara selama ini masyarakat petani Kunangan banyak mendapatkan bantuan dari dinas pertanian kabupaten Muaro Jambi, bantuan yang sudah di berikan dinas pertanian seperti bantuan bibit padi, pupuk serta alat traktor terkesan percuma.

“Untuk apa bantuan itu semua, sementara dari pemerintah pusat bergema supaya tidak alih fungsi lahan sementara di daerah terus berjalan melakukan alih fungsi lahan.”Kesal Uun Suheli.

Dalam waktu dekat Gapoktan BINA TANI didampingi lembaga serta pihak dinas pertanian berencana akan menghadap langsung ke ibu bupati guna mengadukan permasalahan ini.

“Kalau pemerintah tidak mendukung kami untuk mempertahankan kelangsungan persawahan ini,Tolong ajarkan kami bagaimana cara makan Batu, agar petani tidak susah lagi menanam padi,karena batu banyak untuk di makan. ” Tutup Uun Suheli,Ketua Gapoktan. (Wahid).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here