LSM Somasi Cabut Laporan di Polda, Lanjut Laporkan PT BBS dan DLHD Muarojambi ke KLHK

0
406

Jambinow.com.-Dugaan atas pencemaran sungai melintang di wilayah kecamatan sekernan yang dilakukan oleh PT Bukit Bintang Sawit (BBS) dan dugaan pembiaran oleh dinas lingkungan hidup kabupaten Muaro Jambi, pada mei 2021 lalu sudah di laporkan oleh LSM SOMASI Jambi ke Polda jambi namun Syaiful,SH Ketua LSM Somasi mengatakan hingga kini surat laporan Nomor : 0010/P/SOMASI/V 2021tidak ada tindak lanjut.Senin. (19/06/2021).

Syaiful SH kepada Jambinow juga mengatakan surat laporan ke Polda jambi atas dugaan pelanggaran oleh PT. Bukit Bintang Sawit (BBS) di antaranya PT BBS telah melanggar Pasal 60, 98, 99, 100, dan pasal 104 UU PPLH.

”Dalam laporan Somasi lalu, meminta ke Polda Jambi untuk memanggil dan memeriksa Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi yang diduga melakukan pembiaran dan diduga kongkalikong dengan pihak PT. BBS. Dan Polda Jambi juga kita minta memanggil Pimpinan PT. BBS atas dugaan pencemaran Sungai Melintang, Bukit Baling.” Terang Syaiful.

Ketua somasi ini juga mengatakan berdasarkan penelusuran pihaknya, DLH Muaro Jambi tidak memberikan sanksi baik Pidana dan denda terhadap PT. BBS melainkan hanya sanksi administratif saja kepada perusahaan, dan karena tidak ada kejelasan dari pengaduan kami ke Polda Jambi pada 10 Mei 2021 lalu, maka ia mencabut pengaduan tersebut ke pihak Polda Jambi.

“Untuk mencabut pengaduan di Polda Jambi karena tidak ada nya kejelasan terkait pengaduan yang pernah kami sudah layangkan, secara resmi (18/06/) kami sudah melayangkan surat pencabutan atas laporan tersebut” Sebut Syaiful.

Tidak sampai hanya di situ Ketua LSM ini mengaku juga sudah layangkan surat ke Direktorad Jenderal Penegakan Hukum KLHK yang beralamat di Gedung Manggala Wanabhakti Blok IV Lantai 4, Jalan Jenderal Gatot Soebroto Jakarta, atas pencemaran lingkungan, kuat dugaan di lakukan oleh PT. BBS.” Pungkas Syaiful.

(Wahid).