Situs Yang Lama Terbengkalai, Kini Dapat Perhatian

0
437

Jambinow.com – Dukungan Terhadap Program Lurah Jambi kecil tentang mengungkap dan mengangkat fakta sejarah dengan wacana akan dijadikannya area pemakaman Rajo yang berlokasi di seberang aliran sungai Rt.08 kelurahan Jambi kecil kecamatan Maro sebo kabupaten Muaro Jambi di jadikan wisata religius terus mengalir, kali ini wacana tersebut mendapat dukungan dari Akademisi Mahasiswa Kebangsaan.(6/8/21).

Hal itu diungkapkan oleh M Taufik SH. salah satu pegawai kelurahan jambi kecil. kepada media ini Ia mengatakan, Pada Rabu siang (4/8)Mahasiswa bersama Lurah dan jajarannya beserta Tokoh masyarakat kelurahan Jambi kecil mengunjungi Situs Makam Rajo (Rajo Negeri Kelurahan Jambi Kecil)

“Mahasiswa KKN bersama posko 1 berserta Lurah dan Tokoh masyarakat melakukan kunjungan napak tilas guna menguak Situs Makam Rajo atau Rajo Negeri di Jambi Kecil sebagai situs sejarah yang terlupakan dan terbengkalai.” Ungkapnya.

Tambahnya lagi, untuk diketahui saat ini Akademisi Mahasiswa dari Kerja Kuliah Nyata (KKN) Gabungan Mahasiswa Fakultas Seluruh Indonesia dari berbagai Prodi dan Jurusan tengah melaksanakan KKN di kelurahan Jambi kecil.

Sementara itu, Abdul Jabar Laksana Putra selaku Ketua posko KKN Kebangsaan bersama rekan-rekannya mengaku cukup terkesan dan merasa tertarik untuk mencoba mengungkap serta mencari fakta-fakta pendukung dengan adanya Situs Makam Rajo ini,

“Dengan adanya peninggalan Situs ini yang cukup menarik adalah salah satu makam yang disebut sebagai Rajo Tinggi atau Rajo Negeri dengan Bentuk Nisan yang Unik dengan Ukuran yang Cukup Besar, berbeda dengan Nisan kebanyakan. serta hamparan Lokasi yang dibilang luas hampir ratusan makam berjejer dengan Kondisi yang beragam ada yang masih tampak nisan dan ada tanpa nisan dengan bentuk lekungan gerusan tanah yang agak menurun menandakan usia pemakaman terbilang Cukup Tua bahkan mungkin sangat tua.” Ungkap Abdul Jabar Laksana Putra.

Lebih lanjut Mahasiswa Asal Garut ini menambahkan, “Sebagai langkah awal kami akan mencoba memperkenalkan kepada seluruh masyarakat Umum, bukan hanya di provinsi Jambi, bahkan agar diketahui senusantara secara Nasional, melalui media Sosial di era Modrn dan pergerakan ini bermaksud agar dapat menciptakan rasa tanggung jawab kepada seluruh masyarakat Indonesia terhadap situs situs sejarah yang terbengkalai terkhusus situs makam rajo ini agar menjadi modal bagi bangsa untuk lebih berkualitas dan berintegritas. ” Imbuh Abdul panggilan Akrabnya.

Sementara Itu Lurah Jambi Kecil, berharap kepada mahasiswa KKN Kebangsaan yang merupakan gabungan dari berbagai universitas di Indonesia yang saat ini ditempatkan di kelurahan Jambi kecil Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dipimpin oleh Abdul Jabar dari Universitas Siliwangi Jawa Barat.

“Harapan saya kepada adik-adik mahasiswa Agar dengan adanya situs ini, akan dapat memberikan konstribusi, khususnya krpada masyarakat kelurahan Jambi Kecil dibidang Pariwisata dan Kebudayaan serta menunjang meningkatkan tarap kehidupan ekonomi atau menciptakan Lapangan usaha baru bagi masyarakat kami” Ungkap Arman Bunadi, SH.

Selanjutnya dengan adanya Situs ini juga mungkin dapat menambah Literatur dan Temuan Baru yang belum terungkap tentang Peradaban masa lalu yang selama ini tidak kami ketahui tentang Asal Usul atau Keterkaitan dengan Sejarah-sejarah Jambi Kecil yang ada di kabupaten Muaro Jambi Imbuh Lurah Muda ini.

(Wahid).