Sekda Definitif otomatis Jabat Pj Bupati?

0
516

Jambinow.com – Sedikitnya bakal ada 272 kepala daerah akan habis masa jabatannya pada tahun 2022-2023 Dan pemerintah baru akan mengadakan Pilkada serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2024 mendatang dan artinya untuk mengisi kekosongan jabatan bupati dan wakil bupati akan di isi dengan peganti sementara yakni pejabat (PJ) agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan kepala daerah.

dikabupaten muaro jambi, masa jabatan bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busyro dan wakil bupati Bambang Bayu Suseno akan berakhir pada Mei 2022 mendatang, dimana saat habis masa jabatan itu terjadi kekosongan selama dua tahun. Dengan kosongnya jabatan itu sekda defenitif berpeluang besar untuk langsung menduduki jabatan Pj Bupati, apalagi beredar kabar adanya permendagri yang mengatur bahwa jabtan sekda defenitif secara otomatis lansung menjadi Pejabat Bupati alias Pj.

Menyikapi hal ini Suryadin kepala BKD kabupaten muaro jambi menyebutkan bahwa dirinya belum mengetahui perihal adanya Permendagri yang mengatur kewenangan sekda definitif yang secara otomatis langsung menjadi PJ bupati, karena biasanya untuk menunjuk pejabat gubernur alias Pj itu gubernur.

“Blom tau, Saya dan sampai saat ini belum dengar adanya permendagri yang memhatur itu, Coba tanya sama biro pemerintahan provinsi, mungkin orang provinsi yang lebih tau” kata Suryadin saat dihubungi media ini.

Gartam Kabag hukum kabupaten muaro jambi saat dikomfirmasi terkait adanya permendagri itu, juga mengaku belum mengetahui perihal adanya permendagri yang mengatur sekda definitif yang secara otomatis akan menjadi PJ bupati nantinya.

“kabar ini sudah lama terdengar dan beredar dari mulut kemulut, namun hingga saat saya belum mendapatkan draf dan nomor permendagrinya sehingga kami masih mencari nantinya jika memang ada makan saya akan kabari,”sebut Garta.(Wahid).